Penggunaan dan Manfaat Internet Dalam Kegiatan Public Relations


Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi serta perilaku konsumen memanfaatkan media internet di Indonesia semakin lama semakin meningkat setiap harinya. Hal ini karena perkembangan teknologi internet sendiri yang telah dapat dan mudah diakses kapan dan di mana saja. Atas dasar demikian, banyak sekali fungsi internet yang dahulunya hanya dimanfaatkan secara dominan sebagai sarana mencari informasi, sekarang internet sudah memiliki fungsi luas, diantaranya internet dipergunakan untuk berhubungan secara sosial, sarana jual beli, forum diskusi, berbagi data, dan masih banyak lagi, bahkan hampir semua kegiatan di dunia nyata dapat dilakukan atau berhubungan dengan dunia maya atau internet.

Demikian juga dengan perusahaan, instansi pemerintahan, individu, maupun kelompok, mereka menggunakan internet untuk membentuk citra, menyelesaikan masalah, mengatur kegiatan, menjalin hubungan dengan orang atau relasi lainnya, mempromosikan atau mengumumkan sebuah berita, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan beberapa kegiatan yang lazim dilakukan oleh seorang Public Relation atau biasa disingkat dengan PR. 

Pada era globalisasi sekarang ini PR semakin mengikuti perkembangan zaman, internet menjadi sarana pilihan efektif bagi praktisi PR untuk melakukan kegiatannya. Kegiatan PR menemukan kembali standar dan metodologi untuk melindungi, mengelola, dan memelihara aset paling berharga, yaitu citra atau image yang akan meningkatkan kepercayaan dan reputasi.

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis dapat mengemukakan rumusan masalah bagaimana peran dan manfaat internet dalam melakukan kegiatan public relations ?


PEMBAHASAN 

Internet telah membuat dunia tak lagi berjarak. Kehadirannya mengubah cara konsumen atau pelanggan memanfaatkan media. Kondisi ini membuka pemahaman baru bagi kalangan bisnis dan praktisi public relation untuk menemukan kembali cara mengelola dan memelihara reputasi melalui pendekatan yang dinamakan sebagai cyber-PR. Dengan adanya teknologi internet, maka menghadirkan media dengan platform lain yaitu media online, karena itu para praktisi PR dihadapkan dengan tantangan bagaimana memanfaatkan media interaktif ini.

Cyber PR adalah PR yang dilakukan dengan sarana Media elektronik internet dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan/organisasi kepada public/khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif. 


Seluruh kegiatan PR yang ada dapat dilakukan di dalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi, melakukan hubungan dengan pengguna informasi dan yang lebih hebatnya lagi bahwa management kehumasanpun dapat dilakukan di internet. Dengan demikiann, kegiatan kehumasan bisa lebih fleksibel dari yang dilakukan di dunia nyata, di mana program kehumasan konvensional menegelurkan budget hampir ratusan juta, jika program tersebut dilakukan di dunia internet akan jauh lebih murah. 


Public Relations dalam menggunakan jasa internet pada setiap kegiatan PR lebih baik tidak setengah-setengah. Jika dalam dunia fisik, identitas perusahaan dapat saja disembunyikan, dan hanya mengedepankan produk, di Internet hal tersebut tidak akan terjadi. Setiap sisi perusahaan dapat diketahui publik dengan mudahnya, terlebih apabila perusahaan tersebut telah memiliki situs online sendiri. Audiens akan dapat secara aktif dan leluasa dalam memahami company profile maupun product dari perusahaan. Berbeda jika secara konvensional yang hanya dapat dilakukan terbatas pada event yang digelar ataupun berinteraksi dahulu dengan customer service.

Saat ini, audience yang mampu menjangkau sarana internet dengan berbagai teknologi lebih memilih untuk mencari informasi melalui sarana online, yaitu internet karena sangat mudah dan lebih cepat. Oleh karena itu cara yang sangat bijaksana dan cerdas untuk mengembangkan Brand perusahaan melalui Cyber Public Relations baik dengan bantuan programmer, maupun melakukan upload data sendiri, dan hal ini telah dimungkinkan dengan adanya era Web yang membuat interface sebuah program di web semakin mudah untuk diupdate dan dipublikasikan

Strategi secara efektif dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama dengan mendaftar pada media online lokal, regional, dan global seperti yahoo, facebook, kaskus, twitter, ataupun dengan membuat website sendiri. Dimana dalam media tersebut telah di tuliskan secara lengkap beberapa informasi mengena produk maupun perusahaan. Kedua, sering menulis Press Release lewat email, untuk memberitahu perkembangan yang terjadi pada perusahaan maupun produk kepada khlayak luas sesuai target audiens perusahaan. Kemudian ketiga, dengan cara membidik komunitas online (discussion group), atau dapat menggunakan beberapa forum diskusi seperti indowebster.com, indofiles.com, bluefame.com dan forum-forum lainnya.

Ada beberapa peran dari Cyber PR yang dapat diambil, antara lain sebagai bahan berita di berbagai media, liputan, sebagai pembentuk citra positif bagi perusahaan, untuk menjalin hubungan dengan pelanggan agar semakin kuat dan dapat membentuk hubungan baru. Manfaat yang dapat diperoleh organisasi bila menerapkan e‐Public Relations:


  1. Real time, karena aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan cepat
  2. Komunikasi konstan, karena E‐PR menggunakan internet dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh dunia.
  3. Interaktif, karena penggunaan E‐PR memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara langsung dan cepat.
  4. Boundaries, karena tidak akan ada batasan komunikasi dalam E‐PR, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan internet.
  5. Multi media. E‐PR dapat menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media seperti tulisan (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audio‐visual (film, video) dalam satu kesatuan.
  6. Ekonomis. Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.

Ada beberapa aktivitas cyber-PR yang bisa dilakukan untuk memperkuat reputasi. 
  1. Membuat website sehingga target audience bisa memperoleh informasi sesuai keinginan. 
  2. Membuat media kit online. 
  3. Mengirimkan informasi secara reguler ke media dan juga pelanggan. 
  4. Mengaitkan bisnis dengan topik-topik actual sehingga memudahkan pelanggan menemukan produk atau jasa. 
  5. Dalam kondisi krisis atau ada masalah, perlu menciptakan akses informasi yang lebih cepat dari biasanya. 
  6. Bergabung dengan kelompok diskusi online sehingga bisa memantau reputasi brand dan target potensial pasar. 
  7. Membuat promosi online dan even yang bisa memberikan dimensi baru bagi pemasaran. 
  8. Membangun hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan. 
Adapun dalam kegiatannya di internet PR menggunakan beberapa sarana prasarana yang ada, antara lain email, mailing list, yahoo messager, website, news group, maupun jejaring sosial. Bahkan jejaring sosial menjadi sarana populer dan cukup diperhitungkan keefektifannya di masa sekarang. Misalnya saja jejaring sosial facebook, yaitu dengan menggunakan facebook groups dan facebook pages. 

KESIMPULAN
Berdasarkan uraian pembahasan diatas maka penulis dapat menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : 
  1. Peran dari internet dalam kegiatan PR antara lain sebagai bahan berita di berbagai media, liputan, sebagai pembentuk citra positif bagi perusahaan, untuk menjalin hubungan dengan pelanggan agar semakin kuat dan dapat membentuk hubungan baru.
  2. Manfaat PR yang menggunakan internet dalam kegiatannya adalah sebagai berikut : 
  • Real time, karena aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan cepat
  • Komunikasi konstan
  • Interaktif, memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara langsung dan cepat.
  • No boundaries, tidak ada batasan komunikasi, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan internet.
  • Multi media. PR dapat menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media dalam satu kesatuan.
  • f. Ekonomis. Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Penggunaan dan Manfaat Internet Dalam Kegiatan Public Relations"