HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN PERILAKU CARA MENGATASI DISMENORE DI MTS NEGERI SUSUKAN KECEMATAN SUSUKAN

Latar belakang : Menstruasi merupakan suatu kejadian perdarahan melalui vagina seseorang perempuan sehat, yang terjadi sejak usia belasan tahun dan merupakan pertanda sudah memasuki usia akil balik. Menstruasi yang pertama kali disebut menarche, sampai berhenti pada masa menopause.Pada saat menstruasi sering terjadi dismenorea, dismenorea adalah nyeri haid yang sedemikian hebatnya sehingga memaksa pederita untuk istirahat dan meninggalakan pekerjaan atau cara hidupnya sehari- hari, untuk beberapa jam atau beberapa hari, kalau dismenrea tidak di tangani secara tepat dapat menyebabkan kekakuan  atau kejang dibagian bawah perut sehingga mengganggu aktifitas sehari- hari.

Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang menstruasi dengan perilaku cara mengatasi keluhan dismenorea.

Metode: Desain penelitiam menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini adlah siswi kelas III Mts Negeri dengan sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakana sampling jenuh. Alat pengukuran data menggunakan angket  Pengolahan menggunakan Chi Square.

Hasil :  Pengetahuan sebagian besar respnden dalam kategori baik 26 respnden (52%), cukup baik 19 responden (38%) dan kurang baik 5 responden (10%) Mayoritas responden melakukan tindakan dalam mengatasi dismenorea secara alami dan non alami 18 responden (36%), tindakan alami 17 respondent (34%), tindakan non alami 11 responden (22%) dan tidak melakukan tindakan apapun 4 responden (8%). Hasil Chi square diperoleh nilai X2 48.696 dengan signifikansi 0.000 dimana <0.005 maka dapat di simpulkan terdapat hubungan antara pengetahuan remaja tentang menstruasi dengan perilaku dalam mengatasi dismenrea.

Simpulan :  Terdapat hubungan antara pengetahuan remaja tentang menstruasi dengan perilaku dalam mengatasi dismenorea, maka bagi remaja yang mengalami dimenorea dapat melakukan pencegahan denga cara alami maupun non alami.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN PERILAKU CARA MENGATASI DISMENORE DI MTS NEGERI SUSUKAN KECEMATAN SUSUKAN"

Posting Komentar