Thursday, May 3, 2012

PENYEBAB TERJADINYA KEPADATAN PENDUDUK DI KOTA SURAKARTA

A. Latar Belakang Masalah
Permasalahan yang senantiasa mengemuka kepermukaan yang terjadi di kota-kota adalah semakin sempitnya ruang untuk kehidupan yang disebabkan oleh terus bertambahnya jumlah penduduk. Jumlah penduduk ditentukan oleh angka kelahiran, angka kematian dan perpindahan penduduk. Apabila Pemerintah tidak konsisten dalam pelaksanaan program pengendalian laju pertumbuhan penduduk khususnya di kota besar, bukan hal yang mustahil apabila nantinya kota-kota tersebut akan menjadi lautan manusia.
Surakarta sebagai salah satu kota yang sedang berkembang di Jawa Tengah, juga sedang berjalan dalam kondisi tersebut.  Kondisi tersebut menjadikan Kota Surakarta menjadi salah satu kota tujuan urbanisasi. Pertumbuhan ekonomi yang pesat dengan pembangunan gedung bertingkat dan mal-mal di setiap sudut kota memberikan peluang bagi mereka bekerja di sektor-sektor tersebut.

Padatnya penduduk di Kota Surakarta, tidak terlepas dari banyaknya pasangan muda yang menikah, prosentase pertumbuhan penduduk dari angka kelahiran semakin besar. Hal ini disebabkan karena organ reproduksi pasangan yang menikah di usia muda yang masih produktif. Selain itu kurangnya kesadaran pasangan usia subur yang tidak menggunakan alat kontrasepsi dalam melakukan hubungan seksual. Banyak diantara mereka yang beralasan bahwa penggunaan alat kontrapsepsi akan mengganggu kenikmatan.

Tingkat pendidikan juga memiliki pengaruh terhadap kepadatan penduduk di Kota Surakarta. Banyak pendidikan menengah atas dan universitas yang berkualitas di Kota Surakarta menjadi daya tarik bagi para pelajar di desa untuk melanjutkan studi mereka. Hal ini tentunya akan semakin menambah jumlah penduduk di Surakarta. Sedang bagi yang berpendidikan rendah, dengan banyaknya lapangan kerja di Kota Surakarta yang mengandalkan tenaga menjadi faktor pendorong bagi mereka untuk bekerja dan mengadu nasib. Selain itu mereka juga dapat melakukan kerja apa saja, misalnya dengan menjadi PKL atau pengamen. Selain bagi mereka yang berpendidikan rendah setelah memperoleh penghasilan dari apa yang mereka kerjakan, tanpa pertimbangan yang matang seringkali mereka merasa siap untuk menikah dan punya anak.

Pola hidup sehat yang dijalani oleh masyarakat, memberikan kontribusi bagi bertambah padatnya penduduk Kota Surakarta. Dengan pola hidup yang sehat tersebut, menjadikan mereka mampu menjalani kehidupan dengan usia yang lebih panjang. Hal ini apabila dibarengi dengan tingkat kelahiran yang tinggi, maka akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepadatan penduduk suatu kota.

Dari uraian latar belakang di atas, penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut dengan mengambil judul “PENYEBAB TERJADINYA KEPADATAN PENDUDUK DI KOTA SURAKARTA”.

B.  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, rumusan permasalahan yang ingin penulis kemukakan yaitu :
1. Bagaimanakah urbanisasi berperan terhadap kepadatan penduduk kota Surakarta?
2. Bagaimanakah peran pasangan usia muda terhadap kepadatan penduduk kota Surakarta?
3. Bagaimanakah tingkat pendidikan berperan dalam kepadatan penduduk kota Surakarta?
4. Bagaimanakah derajat kesehatan berperan dalam kepadatan penduduk kota Surakarta?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan penelitian
    Dari rumusan permasalahan di atas, dalam penelitian ini tujuan yang ingin penulis capai adalah :
a. Untuk pengetahui peran urbanisasi dalam mempengaruhi kepadatan penduduk kota Surakarta.
b. Untuk mengetahui peran pasangan usia muda terhadap kepadatan penduduk kota Surakarta.
c. Untuk mengetahui tingkat pendidikan dalam perannya terhadap kepadatan penduduk kota Surakarta.
d. Untuk mengetahui peran derajat kesehatan dalam kepadatan penduduk kota Surakarta.
2.  Manfaat Penelitian
Dari penelitian ini, adapula manfaat yang diharapkan yaitu sebagai berikut:
a.    Bagi Pemerintah Kota Surakarta
Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam menentukan langkah, serta solusi yang bijaksana terhadap permasalahan berbagai permasalahan yang muncul terkait dengan kepadatan penduduk. Sehingga dengan kebijakan yang ditempuh dapat meningkatkan kualitas kinerja pemerintah Kota Surakarta.
b.    Bagi pihak lain
Diharapkan dengan adanya penelitian ini maka dapat menjadikan informasi bagi pembaca serta dapat dijadikan literature bagi pihak yang akan melakukan penelitian serupa.
c.    Bagi Penulis
Dari penelitian ini semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, serta mempraktekan atas teori – teori yang didapat selama duduk dibangku perkuliahan.

DOWNLOAD DISINI 

No comments:

Post a Comment